Trend “Pinjem Dulu Seratus”

Akhir-akhir ini tentunya kalian seringkali melihat atau mendengar kalimat, “Pinjam dulu seratus” kan? Kalimat tersebut nyatanya adalah sebuah meme yang memang populer pada awal tahun 2023 ini. Tentunya meme ‘pinjam dulu seratus’ ini sangat populer di berbagai platform media sosial, seperti TikTok, Twitter, ataupun Instagram. 

Namun, nyatanya ada hal yang menarik dari meme ‘pinjam dulu seratus’ ini. Nyatanya, meme ini dapat dikatakan sebagai bentuk sindiran terhadap masyarakat Indonesia yang suka ngutang. Meme pada dasarnya memanglah sebuah bentuk candaan di internet. Namun, selain sebagai bentuk dari candaan, tidak jarang meme pun dapat menjadi sebuah sindiran terhadap individu, kelompok, atau bahkan fenomena yang tengah terjadi. 

Keberadaan meme ‘pinjam dulu seratus’ sejatinya merupakan bentuk sindiran bagi mereka yang sering berhutang namun tidak pernah mengembalikan uang tersebut, atau sindiran untuk mereka yang berhutang ke pinjol-pinjol. Namun, apakah sindiran dalam bentuk meme ‘pinjam dulu seratus’ ini mampu mendorong masyarakat Indonesia untuk tidak berhutang? Tentu tidak. 

Dalam Islam, membantu orang yang dalam kesulitan merupakan hal yang sangat dianjurkan. Sebab, nilai saling tolong-menolong sangatlah tinggi dalam ajaran Islam, selain itu sifat peduli terhadap sesama juga sangat dijunjung tinggi. Saat teman mengatakan, “pinjam dulu seratus,” hal itu bisa menjadi peluang untuk mengamalkan nilai-nilai tersebut.

Celetukan “pinjam dulu seratus” kini ramai diutarakan netizen di media sosial. Frase tersebut merujuk pada permintaan seseorang untuk berutang. Perihal utang, biasanya menjadi dilema bagi seseorang. Kadang ada rasa ingin mengutangi tapi kadang juga keberatan karena takut tidak dikembalikan, apalagi bagi orang yang punya pengalaman dalam meminjamkan uang ke teman.

Banyak Hutang Bisa Membuat Seseorang Memiliki Sifat Kemunafikan. Ketika seseorang bermudahan dalam berhutang, bisa saja dia akan sering mengumbar janji palsu, berbohong, dan mengkhianati amanah yang diberikan, dan ini banyak terjadi ditengah-tengah masyarakat. Ketika ditagih, dia berbohong tidak punya uang, padahal dia sanggup untuk membayar. Dan jelas ini adalah sifat-sifat orang munafik. Rasulullah ﷺ bersabda:

آية المنافق ثلاث إذا حدث كذب وإذا وعد أخلف وإذا اؤتمن خان

“Tanda-tanda orang munafik ada 3, jika berbicara ia berdusta, bila berjanji ia tidak menepati janjinya, dan apabila diberi amanah ia mengkhianatinya” (HR. Al-Bukhari no. 33 dan Muslim no. 59).

#artikel #trend2023 #minjemseratus #berhutang #dalamislam #meme #sindiran #novmi #mabifoundation #kalibaru #cilincing #jakartautara

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *